Thursday, 10 March 2016

Air Susu Ibu (ASI) vs Susu Formula

Dewasa ini terdapat kecenderungan penurunan penggunaan ASI dan mempergunakan pemberian ASI dengan susu fomula di masyarakat. Dengan kenaikan tingkat partisipasi wanita dalam angkatan kerja dan peningkatan sarana komunikasi dan transportasi yang memudahkan periklanan susu buatan serta luasnya distribusi susu buatan terdapat kecenderungan menurunnya kesediaan menyusui maupun lamanya menyusui baik dipedesaan dan diperkotaan.

Menurunnya jumlah ibu yang menyusui sendiri bayinya pada mulanya terdapat pada kelompok ibu di kota-kota terutama pada keluarga berpenghasilan cukup yang kemudian menjalar sampai ke desa-desa. Meskipun menyadari pentingnya pemberian ASI tetapi budaya modern dan kekuatan ekonomi yang semakin meningkat telah mendesak para ibu untuk segera menyapih anaknya dan memilih air susu buatan sebagai jalan keluarnya.

Seharusnya  ibu mengetahui segala sesuatu tentang ASI dan susu buatan pengganti ASI, agar ibu yakin sepenuhnya terhadap pilihannya untuk memberikan ASI kepada bayinya.

 
Kandungan ASI dan keburukan pemberian makanan buatan
  1. ASI selalu merupakan bahan makanan terbaik untuk bayi walaupun ibu sedang sakit, hamil, haid atau kurang gizi kandungan ASI. ASI mengandung semua zat gizi yang diperlukan bayi dalam 6 bulan I kehidupan, dianjurkan agar kepada masa ini hanya diberikan ASI. 
  2. ASI mengandung protein dan lemak yang paling cocok untuk bayi dalam jumlah yang tepat. 
  3. ASI mengandung lebih banyak laktosa (gula susu) daripada susu lainnya dan laktosa merupakan zat yang diperlukan bagi manusia. 
  4. ASI mengandung vitamin yang cukup bagi bayi. Bayi selama 6 bulan tidak memerlukan vitamin tambahan
  5. ASI mengandung zat besi yang cukup untuk bayi. Tidak terlalu banyak zat besi yang dikandung, tetapi zat besi ini diserap usus bayi dengan baik. Bayi yang disusui tidak akan menderita anemia kekurangan zat besi.
  6. ASI mengandung cukup air bagi bayi bahkan pada iklim yang panas.
  7. ASI mengandung garam, kalsium dan fosfat dalam jumlah yang tepat
sumber : facebook

bagi anda yang ingin mencari pompa asi dan perlengkapan ibu dan bayi bisa mengunjungi asiibubayi asiibubayi

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...