Friday 26 February 2016

Pompa ASI Manual atau Elektrik, Pilih Mana?

http://lirilir-ambulan.blogspot.co.id/. Apakah Anda adalah pemula dalam hal menyusui dan masih asing dengan penggunaan breast pump? Tidak perlu berkecil hati karena dengan memperkaya informasi seputar alat pompa ASI, Anda akan semakin mengetahui banyak hal tentang breast pump dengan segala karakteristik yang bisa saja berbeda antara satu jenis dengan lainnya.

Berikut ini beberapa gambaran yang perlu Anda ketahui tentang perbedaan pompa ASI elektrik dan manual, antara lain :

Pompa ASI manual
Breast pump manual cenderung lebih murah dibanding dengan pompa elektrik karena tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk perawatannya. Hanya dengan rajin mencuci dan menjaga kebersihannya, pompa ASI manual di rumah akan tetap awet. Lagipula pompa ASI manual memiliki sedikit komponen sehingga lebih mudah dibersihkan dan disterilkan, bentuknya pun sangat praktis, ringan, dan mudah dibawa ke mana saja.

Saat bepergian ke tempat yang tidak menyediakan stop kontak untuk isi ulang baterai, Anda tak perlu khawatir sebab jenis manual bisa digunakan dimanapun.


Pompa ASI elektrik
Karena menggunakan tenaga baterai atau listrik, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk memompa ASI karena mesinlah yang mengerjakannya untuk Anda. Dengan bantuan mesin, pemompaan ASI akan lebih cepat berjalan, cocok untuk ibu yang tidak punya banyak waktu memompa ASI.

Jenis breast pump elektrik tersebut lebih beragam sesuai dengan kebutuhan Anda, ada yang menyediakan 2 lubang untuk memompa 2 payudara sekaligus atau 1 lubang saja sehingga Anda bisa memaksimalkan pemompaan pada 1 payudara terlebih dahulu. Cara ini akan membantu Anda yang memiliki masalah dengan jumlah produksi ASI.

Setelah melihat karakteristik dua breast pump di atas, Anda juga perlu mengetahui alasan mengapa pompa ASI tersebut merupakan pilihan tepat :

- Alasan menggunakan pompa ASI manual
Pada umumnya para ibu memilih menggunakan breast pump manual karena bentuk pompanya lebih menyerupai hisapan bayi saat minum ASI, kealamian inilah yang banyak disuka oleh para ibu. Frekuensi memompanya dapat diatur sendiri sehingga bisa sewaktu-waktu berhenti jika tiba-tiba merasa ada bagian payudara yang sakit. Pompa ini tidak mengeluarkan bunyi sehingga bisa digunakan di mana pun selama tempat yang Anda gunakan dalam keadaan tertutup.

- Alasan menggunakan pompa ASI elektrik
Pompa elektrik membantu memompa lebih banyak ASI dalam satu kali pemompaan, sangat cocok untuk Anda yang super sibuk dan ingin memanfaatkan waktu secara efektif. Bentuknya pun ada yang bermata satu, ada juga yang bermata dua sehingga dapat membantu Anda memompa dua payudara sekaligus. Sayangnya, mesin yang digunakan dapat mengeluarkan suara yang cukup bising sehingga Anda harus pandai-pandai memilih ruangan kedap suara supaya tidak mengganggu orang lain.

Apapun jenis breast pump yang akan digunakan, pastikan Anda juga menyiapkan beberapa peralatan seperti botol susu, diaper bag, breast pads, washlap, dan sebagainya untuk kebutuhan minum si Kecil. Dengan mempertimbangkan beberapa hal di atas, tentunya Anda tidak lagi bingung menentukan pilihan, bukan?

bagi anda yang ingin mencari pompa asi dan perlengkapan ibu dan bayi bisa mengunjungi asiibubayi

sumber : http://www.bilna.com/blog/lebih-baik-mana-pompa-asi-manual-atau-elektrik/ 

 

No comments:

Post a Comment