Thursday 11 February 2016

Baby Syndrome dan Akibatnya

Centers of Disease Control and Prevention dalam situsnya www.cdc.gov mendefinisikan Baby Shaken Syndrome sebagai bentuk trauma keras pada kepala (abusive head trauma) dan bentuk luka traumatik otak yang diakibatkan perbuatan orang lain secara sengaja (inflicted traumatic brain injury). SBS bisa terjadi secara alami karena pergerakan bayi. Namun seringnya diakibatkan oleh tindakan orang dewasa yang mengguncang bayi secara keras dengan tangan maupun kaki. Aktivitas mengguncang bayi masuk dalam ketegori kekerasan pada anak.

David Perlstein, MD, MBA, FAAP dalam www.medicinenet.com memaparkan beberapa akibat yang ditimbulkan oleh SBS:
1. Pendarahan pada otak
2. Kerusakan retina
3. Kerusakan syaraf (yang umumnya bersifat permanen)
4. Kebutaan
5. Cidera pada leher dan tulang belakang.

Akibat paling fatal dari SBS adalah kematian, umumnya di alami bayi dengan usia 3-8 bulan. Di Indonesia, data gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh SBS belumlah ada, nampaknya belum ada yang mencoba melakukan survei. Sebagai perbandingan, Shaken Baby Syndrome menjadi penyumbang 10%-12% kematian bayi di Amerika.

Kebiasaan Orang Tua yang Berpotensi Menyebabkan SBS
Di Indonesia khususnya, ada banyak kebiasaan orang tua yang berpotensi memberikan guncangan pada bayi dan bisa menjadi penyebab SBS. Silakan ditambahkan jika Anda menemukan yang lain.

1. Menaruh bayi di ayunan
Membuat ayunan bayi menjadi tradisi yang diwariskan turun terumurun di Indonesia. Pertanyaan sederhana, apa kebiasaan ibu atau pengasuh saat mendapati bayinya menangis di ayunan?
Hasil pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa saat bayi menangis di ayunan, orang tua atau pengasuh justru mengayun lebih keras.

2. Mengguncang saat menggendong
Aksi mengguncang bayi dalam gendongan biasa dilakukan ibu. Ada beragam alasan seperti membuat bayi tertawa atau menghentingan tangisan. Beberapa pengasuh bayi juga terbiasa melakukannya.
Jika menggunakan jasa pengasuh, penting kiranya memberi pengertian pada mereka mengenai bahaya mengayun bayi baik dalam ayunan maupun gendongan.

3. Mengguncang bayi dengan tangan atau kaki
Tangisan bayi seringkali membuat banyak orang tua marah dan frustasi. Saat stress orang cenderung bertindak anarkis. Contoh yang kerap dijumpai di masyarakat saat bayi menangis adalah membentak sembari mengguncang keras tubuh bayi dengan tangan. Beberapa bahkan mengguncang dengan kaki (menyepak) karena tidak bisa mengontrol emosi.

Berlaku kasar hanya akan memperkeras tangisannya. Tidak berhenti di sana, efek samping mengayun bayi adalah timbulnya Shaken Baby Syndrome jika guncangan tersebut sampai menyebabkan luka pada otak traumatik. Anak adalah anugerah, adalah penting belajar mengontrol emosi dalam merawat buat hati untuk bisa memberikan pengasuhan terbaik.

4. Bermain dengan melempar bayi ke udara
Ini biasa dilakukan para ayah saat mengajak bayinya bercanda dengan melempar bayi ke udara. Beberapa bayi akan tertawa diperlakukan seperti ini. Alih-alih membuatnya tertawa, jika tanpa sengaja dilakukan dengan cukup keras, guncangan yang ditimbulkan justru bisa membahayakan mereka.

No comments:

Post a Comment