Wednesday, 7 October 2015

Akses jalan ke pantai nglambor yogyakarta

Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, dan berjarak sekitar 70 km dari Kota Yogyakarta. Pantai ini diapit oleh Pantai Siung dan Pantai Jogan. Untuk mencapai Pantai Nglambor wisatawan bisa mengikuti jalur menuju Pantai Siung. Setelah pos retribusi Siung, wisatawan akan bertemu dengan pertigaan. Silahkan belok kanan mengikuti pertigaan dengan jalur makadam, Pantai Nglambor ada di ujung jalan tersebut.

Pantai Nglambor

Berbatasan langsung dengan Samudra Hindia menjadikan pantai-pantai di sepanjang pesisir selatan Yogyakarta memiliki karakter ombak yang cukup tinggi dan besar. Karena itu hampir di setiap pantai terdapat larangan untuk berenang di laut, bahkan jika ingin mandi-mandi dan bermain ombak hanya boleh di pesisir pantai yang dangkal. Kondisi ini menjadikan wisatawan tidak bisa melakukan aktivitas snorkeling.



Meski begitu Anda tidak usah buru-buru kecewa. Ternyata, di deretan pantai-pantai berombak besar tersebut tersembunyi satu pantai yang tenang dan berair dangkal sehingga cocok dijadikan tempat berenang maupun snorkeling. Pantai tersebut adalah Pantai Nglambor.

Berbentuk teluk mungil yang diapit dua bukit, Pantai Nglambor benar-benar masih bersih dan alami. Lokasinya yang tersembunyi menjadikan pantai ini belum banyak dikunjungi wisatawan, tapi justru disitulah keasyikannya. Kita seolah-olah berada di pantai pribadi. Untuk mencapai bibir pantai wisatawan harus memarkir kendaraan di tepi jalan kemudian berjalan kaki melewati ladang kacang dan deretan pohon pandan laut.


Tepat di depan teluk terdapat dua pulau karang yang bentuknya menyerupai dua kura-kura raksasa yang sedang berkejaran. Selain menambah kecantikan panorama pantai, dua pulau karang tersebut ternyata juga berfungsi sebagai penahan ombak. Hal tersebut menjadikan perairan di tepi pantai dangkal. Terumbu karang pun tumbuh dengan indah akibat terbebas dari terjangan ombak besar.

Air laut yang cukup jernih menjadikan wisatawan bisa melihat karang, rumput laut, ikan warna-warni yang berkejaran, serta aneka biota penghuni laut dari permukaan. Wisatawan pun bisa snorkeling atau berenang di pantai ini tanpa harus khawatir tergulung ombak besar.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...