Wednesday, 7 October 2015

Pilih mana bbm vs whatsapp??

Perkembangan teknologi informasi dewasa ini sangat-sangatlah cepat, khususnya dalam dunia gadget. Komunikasi sosial media yang ditawarkanpun beragam, aplikasi yang tersedia banyak seperti whatsapp, bbm, line dsb. Namun diartikel ini penulis batasi pada dua sosmed yang paling sering penulis temui, yaitu whatsapp (wa) dan black berry message (bbm)


Sebelum tahun 2014 BBM selalu merajai dunia perchatingan karena kemudahan penggunaannya, maka sejak tahun 2015, bbm mulai kehilangan pamornya. BBM sempat membuat kejutan di akhir tahun 2013 dengan mulai memasuki pasar Android dan IPhone. Walaupun tentu saja hal itu disebabkan menurunnya penjualan handset blackberry. Dan semenjak itu rating aplikasi ini terus menanjak naik di daftar aplikasi messenger yang diunduh oleh pengguna handset khususnya Android.

Namun itu tidak berlangsung lama. Pesaing pun mulai berdatangan. Salah satunya adalah Whatsapp. Sejak dibeli oleh Facebook pada awal tahun 2014, Whatsapp terus menunjukkan perubahan yang signifikan. Kini sangat terasa sekali bagaimana mudahnya memakai Whatsapp, walaupun tidak gratis sepanjang masa, namun kemudahan yang ditawarkan membuat pengguna memilih untuk membayar sebesar 0.99 USD pertahun untuk tetap menggunakan aplikasi ini.

Jika dibandingkan, memang Whatsapp lebih ringan dibandingkan dengan BBM di Android. Tampilan Whatsapp yang terkesan bersih dan simpel, membuat kita nyaman menggunakannya. Apalagi di masa 2015 ini, dimana tren desain aplikasi mobile dibuat sebersih dan seminimal mungkin tanpa meninggalkan kesan elegan. Flat Design (oleh Apple) dan Material Design (oleh Google) membuat banyak aplikasi ikut menggunakan kedua desain ini. Hal ini mungkin tidak terlalu terlihat di BBM, BBM masih setia dengan tampilan lamanya, dan belum sepenuhnya beralih ke tampilan yang lebih bersih. Penggunaan memori yang besar pada BBM juga sepertinya masih masalah yang belum terselesaikan oleh developernya.

Namun itu bukan berarti BBM tak punya kelebihan. BBM punya banyak fitur yang belum tersedia di Whatsapp. Selain itu juga, jika kita tidak ingin membagikan no hp kita dan ingin menggunakan pin saja, maka BBM lah yang menjadi pilihan yang utama.
 
Lalu sebenarnya mana yang paling banyak penggunanya...??? Dilansir dari statisca.com, data statistik Most Popular Global Mobile Messenger Apps pada bulan Maret 2015 menunjukkan bahwa BBM jauh ketinggalan dibanding dengan Whatsapp. 
 
 
Jadi whatsapp atau bbm?

sumber : http://www.hstutorial.com/2015/05/statistik-pengguna-mobile-messenger.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...