Tuesday 20 March 2012

Terserang Tomcat? Ini Dia Solusi yang Pas

Serangan serangga tomcat sebenarnya tak perlu terlalu dicemaskan. Cara untuk terhindar dari infeksi toksin hewan itu pun sangat mudah. Berikut adalah tips dari Alex Siajaya, Kepala Bidang Pertanian dan Kehutanan Pemerintah Kota Surabaya:

 
Jangan ditepuk
Bila ada tomcat yang hinggap di tubuh, jangan sesekali mencoba mengusir dengan menepuknya. Pasalnya, jika itu dilakukan, tomcat akan mengeluarkan racun.

Goyangkan tubuh
Untuk menjatuhkan tomcat, cukup menggoyangkan bagian badan hingga serangga itu terjatuh. Kemudian barulah menginjaknya hingga mati menggunakan alas kaki. Dengan begitu tomcat tidak akan mengeluarkan toksin-nya.


Bersihkan sisa tomcat
Setelah berhasil dimatikan dengan diinjak, seseorang harus langsung membersihkan noda yang ada di lantai, agar toksin yang ada tidak tersentuh.

Luka basah jangan kena sinar matahari
Jika seseorang sudah terlanjur terkena infeksi sehingga menyebabkan luka, jangan sampai luka yang masih basah terkena sinar matahari. Hal ini dapat menyebabkan bekas hitam dari luka sulit dihilangkan.


Bilas dengan air dan sabun
Bila telanjur kena toksin, segera membilasnya dengan air serta sabun. Baru kemudian gunakan salep anti gatal.

Salep
Untuk salep yang direkomendasikan adalah salep Acyclovir 5 persen yang bisa didapatkan di toko obat atau apotek terdekat.


sumber : republika

No comments:

Post a Comment