Tuesday 5 January 2021

VPN Server

Pengertian VPN server

Vpn adalah jaringan yang secara khusus dibentuk berdasarkan protokol tertentu untuk menghubungkan koneksi antar terminal secara virtual pada jaringan fisik (lokal maupun publik)

Berdasarkan tata bahasa dapat dipecah menjadi dua kalimat, yaitu Virtual dan Privat Network. Virtual adalah konsep yang tidak nyata, samar dan bekerja pada sistem yang lain sedangkan Privat Network adalah jaringan yang bekerja secara khusus menghubungkat host-host dalama aturan protokol tertentu yang tidak bisa dicampur dengan jaringan lainya.


 

Fungsi VPN

Fungsi utama koneksi VPN :

  1. Data Integrity (Menjaga konsistensi dan keutuhan data)
  2. Confidential (Koneksi yang terjamin kerahasiannya)
  3. Origin authentication (Originalitas koneksi dengan menerapkan sistem autentifikasi)
  4. Menyembunyikan asal atau IP address penggunanya.
  5. Melindungi data dengan melakukan enkripsi
  6. Menghemat biaya pengaturan

 

Tunneling

Tunneling dalam vpn mempunyai pengertian sebagai teknologi yang memungkinkan terjadinya proses enkapsulasi salah satu jenis paket protokol datagram dengan protokol lainnya. Ada dua jenis tunneling :

  1. Voluntary tunneling. Adalah ketika komputer client mengirim request pembuatan sambungan virtual tunel kepada server. Syaratnya software dan protokol tunnel client harus sama dengan server, sehingga end point dari tunnel berada pada client.
  2. Compulsory tunneling. Pada jenis ini, server remote vpn harus dikonfigurasi dan membentuk sambungan tunnel dimana komputer client bukan sebagai titik akhir tunnel.

 

Protokol VPN

Ada beberapa jenis protokol VPN, antara lain :

  1. PPTP
  2. L2TP
  3. IPSec
  4. SOCKS
  5. CIPE

 

Cara Kerja VPN

Secara umum, urutan proses VPN yang terjadi adalah sebagai berikut : 

VPN bekerja dengan merutekan koneksi internet perangkat Anda melalui server pribadi VPN yang telah dipilih. VPN bukanlah penyedia layanan internet (ISP) sehingga ketika sebuah data dikirim ke internet, data tersebut berasal dari VPN, bukan komputer Anda.

VPN bertindak sebagai perantara saat terhubung ke internet. Dengan demikian, VPN dapat menyembunyikan alamat IP Anda--rangkaian nomor yang diberikan ISP Anda pada perangkat Anda--dan melindungi identitas Anda.

Selain itu, jika data tersebut ‘dicegat’, data tidak akan dapat dibaca hingga mencapai tujuan akhirnya. VPN membuat "terowongan" pribadi dari perangkat Anda ke internet dan menyembunyikan data penting melalui sesuatu yang dikenal sebagai enkripsi. (https://tirto.id/apa-itu-vpn-dan-bagaimana-cara-kerjanya-f7bM)


 

No comments:

Post a Comment