Tuesday, 16 February 2016

Manfaat Tidur Miring ke Kanan, Mengistirahatkan Otak Sebelah Kiri

Tentu kita pernah dengar bahwasanya Rasulullah SAW menganjurkan agar miring ke kanan ketika tidur. Posisi yang demikian ini bukan hanya Rasulullah SAW sembarangan memilih posisi ketika tidur. Selalu ada manfaat dan keuntungan yang kita dapatkan selain pahala karena kita mengikuti sunnah Rasulullah SAW.
Hadits dari Barra bin ‘Azib ra : Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Jika kalian hendak tidur di pembaringan, berwudhulah seperti wudhu untuk shalat. Kemudian berbaringlah kamu dengan berbaring di lambung kananmu.” (HR. Al-Bukhari)
Setelah dilakukan penelitian secara ilmiah, maka ternyata tidur dengan posisi miring ke kanan bermanfaat :

1. Mengistirahatkan Otak Sebelah Kiri 


Secara anatomis, otak manusia terbagi menjadi dua bagian kanan dan kiri. Bagian kanan adalah otak yang mempersarafi organ tubuh sebelah kiri dan sebaliknya. Umumnya kita menggunakan organ tubuh bagian kanan sebagai anggota tubuh yang dominan dalam beraktifitas seperti makan, memegang dan lainnya.

Dengan tidur pada posisi sebelah kanan, maka otak bagian kiri yang mempersarafi segala aktifitas organ tubuh bagian kanan akan terhindar dari bahaya yang timbul akibat sirkulasi yang melambat saat tidur/diam.

Bahaya tersebut meliputi pengendapan bekuan darah, lemak, asam sisa oksidasi, dan peningkatan kecepatan atherosclerosis atau penyempitan pembuluh darah. Sehingga jika seseorang beresiko terkena stroke, maka yang beresiko adalah otak bagian kanan, dengan akibat kelumpuhan pada sebelah kiri (bagian yang tidak dominan).

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...