Tuesday, 13 March 2012
HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENENTUKAN MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian Materi
Pembelajaran
Pengertian
secara umum materi pembelajaran adalah pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang
harus diajarkan oleh guru dan dipelajari siswa. Secara khusus, jenis-jenis
materi pembelajaran terdiri dari fakta, konsep, prinsip, prosedur, dan
sikap atau nilai.
Materi pembelajaran
harus diajarkan dan dipelajari siswa sebagai sarana pencapaian standar
kompetensi dan kompetensi dasar yang akan dinilai dengan menggunakan instrumen
penilaian yang disusun berdasarkan indikator pencapaian hasil belajar
Prinsip-Prinsip Penyusunan Materi
Pembelajaran
Beberapa prinsip yang
harus diperhatikan dalam penyusunan materi pembelajaran adalah prinsip
relevansi, konsistensi, dan kecukupan. Prinsip relevansi artinya keterkaitan.
Materi pembelajaran hendaknya relevan dengan pencapaian standar kompetensi dan
kompetensi dasar. Prinsip konsistensi artinya keajegan. Jika kompetensi dasar
yang harus dikuasai ada tiga macam, maka materi yang diajarkan juga harus
meliputi tiga macam. Prinsip kecukupan , artinya materi yang dajarkan hendaknya
cukup memadai dalam membenatu siswa menguasai kompetensi dasar yang diajarkan.
hal yang perlu diperhatikan dalam
menetapkan materi pelajaran
- Materi pelajaran hendaknya sesuai dengan tercapainya tujuan intruksional.Pendidikan yang mengembangkan kepribadian peserta didik, yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Pemenuhan fungsi tersebut dibagi dalam bidang studi mata pelajaran. Sehingga mata pelajaran yang diberikan hendaknya mendukung pencapaian tujuan intruksional mata pelajaran, dalam rangka mewujudkan fungsi pendidikan yang diemban oleh sekolah.
- Materi pelajaran hendaknya sesuai dengan perkembangan siswa pada umumnya.Mata pelajaran yang diberikan berbeda tingkat kedalamannya antara kelas IIi, kelas IV, kelas V, kelas VI apalagi antar SD, SMP dan SMA
- Materi pelajaran hendaknya terorganisasi secara sistematik dan berkesinambungan.Dimaksudkan bahwa antara bahan yang satu dan bahan berikutnya ada hubungan fungsional, di mana bahan yang satu menjadi dasar bahan berikutnya. Contoh sebelum sampai pada cara menyusun laporan keuangan, perlu dibahas terlebih dahulu pengertian dari laporan keuangan.
- Materi pelajaran hendaknya mencakup hal-hal yang bersifat factual maupun konseptual.Bahan yang factual sifatnya konkrit dan mudah diingat, sedangkan bahan yang sifatnya konseptual berisikan konsep-konsep abstrak, dan memerlukan pemahaman yang lebih dalam
Penentuan Sumber Materi Pembelajaran
Berbagai
sumber yang dapat digunakan untuk mendapatkan materi pembelajaran dari setiap
standar kompetensi dan kompetensi dasar
adalah sebagai berikut:
1. buku teks
2. laporan hasil penelitian
3. majalah ilmiah
4. jurnal ilmiah
5. buku kurikulum
6. pakar bidang studi
7. internet
8. penerbitan berkala
9. media audio visual (tv,video,vcd,kaset
audio)
10. lingkungan (alam, sosial, seni budaya,
teknik, industri, dan ekonomi). Sumber :
- http://tsetyaernawati.wordpress.com/2011/11/04/penentuan-materi-pelajaran/
- E-book Penyusunan materi pembelajaran (Tri Hartiti Retnowati M.Pd)
Labels:
kuliah pendidikan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment