Sunday, 13 May 2012

Penjelasana Ranah Taksonomi Bloom

Bagi anda yang berkecimpung dalam dunia pendidikan tentunya tak asing lagi dengan taksonomi bloom. Berikut ini penjelasannya :

Aspek Kognitif
  1. Pengetahuan (knowledge) : kemampuan mengingat (misal mengingat  rumus)
  2. Pemahaman (comprehension) : kemampuan memahami (menyimpulkan suatu paragraph)
  3. Aplikasi (application) : kemampuan penerapan (misalnya menggunakan informasi atau pengetahuan yang diperolehnya untuk memecahkan masalah).
  4. Analisis (analysis) : kemampuan menganalisis suatu informasi yang luas menjadi bagian-bagian kecil (misalnya menganalisis bentuk, jenis atau arti) 
  5. Sintesis (synthesis) : kemampuan menggabungkan beberapa informasi menjadi kesimpulan (misalnya memformulasikan hasil penelitian).
  6. Evaluasi (evaluation) : kemampuan mempertimbangkan mana yang baik untuk mengambil tindakan tertentu.
Aspek Afektif

Mencakup penilaian perasaan, tingkah laku, minat, kesukaan, emosi dan motivasi. 

Aspek Psikomotorik

Mencakup penilaian keahlian. Penilaian psikomotorik adalah penilaian pembelajaran yang banyak menggunakan praktek seperti agama, kesenian, olahraga, sains dan bahasa, sementara itu untuk mata pelajaran yang tidak terdapat kegiatan praktek, tidak terdapat penilaian psikomotoriknya. Bentuk instrument dan jenis tagihan yang digunakan untuk assesmen portofolio adalah tes tertulis (obyektif dan non-obyektif), tes lisan (wawancara), tes perbuatan (lembar pengamatan), non-tes (angket, kuisioner), dan hasil karya (daftar cek, produk dan laporan. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...