Tuesday, 13 March 2012

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENENTUKAN MATERI PEMBELAJARAN

Pengertian Materi Pembelajaran
Pengertian secara umum materi pembelajaran adalah pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang harus diajarkan oleh guru dan dipelajari siswa. Secara khusus, jenis-jenis materi pembelajaran terdiri dari fakta, konsep, prinsip, prosedur, dan sikap  atau nilai.
Materi pembelajaran harus diajarkan dan dipelajari siswa sebagai sarana pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar yang akan dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian yang disusun berdasarkan indikator pencapaian hasil belajar

Prinsip-Prinsip Penyusunan Materi Pembelajaran
Beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam penyusunan materi pembelajaran adalah prinsip relevansi, konsistensi, dan kecukupan. Prinsip relevansi artinya keterkaitan. Materi pembelajaran hendaknya relevan dengan pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar. Prinsip konsistensi artinya keajegan. Jika kompetensi dasar yang harus dikuasai ada tiga macam, maka materi yang diajarkan juga harus meliputi tiga macam. Prinsip kecukupan , artinya materi yang dajarkan hendaknya cukup memadai dalam membenatu siswa menguasai kompetensi dasar yang diajarkan.

hal yang perlu diperhatikan dalam menetapkan materi pelajaran
  1. Materi pelajaran hendaknya sesuai dengan tercapainya tujuan intruksional.Pendidikan yang mengembangkan kepribadian peserta didik, yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Pemenuhan fungsi tersebut dibagi dalam bidang studi mata pelajaran. Sehingga mata pelajaran yang diberikan hendaknya mendukung pencapaian tujuan intruksional mata pelajaran, dalam rangka mewujudkan fungsi pendidikan yang diemban oleh sekolah.
  2. Materi pelajaran hendaknya sesuai dengan perkembangan siswa pada umumnya.Mata pelajaran yang diberikan berbeda tingkat kedalamannya antara kelas IIi, kelas IV,  kelas V, kelas  VI apalagi antar SD, SMP dan SMA
  3. Materi pelajaran hendaknya terorganisasi secara sistematik dan berkesinambungan.Dimaksudkan bahwa antara bahan yang satu dan bahan berikutnya ada hubungan fungsional, di mana bahan yang satu menjadi dasar bahan berikutnya. Contoh sebelum sampai pada cara menyusun laporan keuangan, perlu dibahas terlebih dahulu pengertian dari laporan keuangan.
  4. Materi pelajaran hendaknya mencakup hal-hal yang bersifat factual maupun konseptual.Bahan yang factual sifatnya konkrit dan mudah diingat, sedangkan bahan yang sifatnya konseptual berisikan konsep-konsep abstrak, dan memerlukan pemahaman yang lebih dalam

Penentuan Sumber Materi Pembelajaran
Berbagai sumber yang dapat digunakan untuk mendapatkan materi pembelajaran dari setiap standar kompetensi dan kompetensi dasar  adalah sebagai  berikut:
1.         buku teks
2.         laporan hasil penelitian
3.         majalah ilmiah
4.         jurnal ilmiah
5.         buku kurikulum
6.         pakar bidang studi
7.         internet
8.         penerbitan berkala
9.         media audio visual (tv,video,vcd,kaset audio)
10.       lingkungan (alam, sosial, seni budaya, teknik, industri, dan ekonomi).



Sumber :
  • http://tsetyaernawati.wordpress.com/2011/11/04/penentuan-materi-pelajaran/
  • E-book Penyusunan materi pembelajaran (Tri Hartiti Retnowati M.Pd)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...